Monday 25th September 2023
Durbar Marg, Kathmandu

Kesulitan yang dialami secara umum ialah kebingungan tentukan produk asuransi terbaik. Memutuskan memilih produk asuransi memanglah tidak bisa sembarangan. Ingat, fungsi asuransi ialah memberi pelindungan finansial atas resiko yang kemungkinan terjadi . Maka, yakinkan pelindungan yang hendak didapat sanggup penuhi keperluan kamu dan keluarga. Yakinkan kamu sebagai pemegang polis mempunyai peluang untuk alami resiko-risiko yang bakal dijamin oleh perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Sama seperti saat kamu pilih asuransi pendidikan. Ketahui dahulu manfaat pelindungan yang bakal diberikan bila kamu alami resiko-risiko tertentu. Asuransi pendidikan mempunyai beberapa jenis, berikut keterangan berkenaan beberapa jenis asuransi pendidikan yang berada di Indonesia:

Jenis Asuransi Pendidikan

1. Asuransi Pendidikan Dwiguna (Endowment)

Asuransi pendidikan dwiguna lebih disukai nasabah yang focus intinya untuk menabung biaya pendidikan masa depan anak. Asuransi pendidikan dwiguna memberi manfaat pelindungan jiwa bila tertanggung alami resiko meninggal atau cacat tetap, dan tabungan pendidikan berbentuk nilai tunai yang bisa dicairkan . Maka, bila orang-tua sebagai tertanggung meninggal atau cacat tetap, perusahaan asuransi akan memberi uang pertanggungan ke anak sebagai pewaris untuk biaya pendidikannya. Uang pertanggungan bisa juga dicairkan sesudah kontrak selesai walau tidak ada claim.

2. Asuransi Pendidikan Unit Link

Bila kamu lebih tertarik menabung biaya pendidikan berbentuk instrument investasi, kamu dapat pilih asuransi pendidikan unit link. Premi yang dibayar akan dibagi jadi dua, untuk mendanai manfaat pelindungan jiwa dan investasi. Nilai tunai didapat hasil dari investasi . Maka, penting diingat ada resiko rugi di tiap investasi. Nilai tunai yang terkumpul kemungkinan tidak sesuai dengan keinginan jika nilai investasi di pasar alami penurunan. Untuk manfaat pelindungan, asuransi pendidikan unit link memberi uang pertanggungan bila tertanggung wafat atau cacat tetap.

3. Asuransi Pendidikan Syariah

Saat ini kamu tak perlu cemas akan mekanisme riba dalam asuransi yang tidak sesuai syariat Islam. Asuransi pendidikan sediakan tipe asuransi pendidikan syariah. Manfaat pelindungan dan tabungan biaya pendidikan asuransi pendidikan syariah sama dengan dwiguna dan unit link. Perbedaannya, asuransi pendidikan syariah menerapkan konsep gotong royong dalam mengatur premi asuransi. Konsep ini sesuai syariat Islam. Ikrar yang dipakai asuransi pendidikan syariah satu diantaranya, akad tabarru’ (bantu-membantu) dan akad tijarah (keuntungan dibagi-hasilkan ke para nasabah).

Manfaat Asuransi Pendidikan

Tiap produk asuransi mempunyai tujuan untuk memberi pelindungan keuangan atas resiko yang memberikan ancaman pemegang polis. Pelindungan keuangan diberikan asuransi pendidikan dengan ketetapan yang diputuskan perusahaan asuransi. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabaran berkenaan beberapa manfaat asuransi pendidikan:

1. Menanggung Biaya Pendidikan

Sama dengan namanya, asuransi pendidikan akan jamin biaya pendidikan. Jumlah jaminan biaya pendidikan dan tingkat pendidikannya ditetapkan dalam isi polis asuransi. Jaminan biaya pendidikan ini penting supaya anak bisa capai mimpinya tanpa rintangan apa pun. Misalkan, permasalahan keuangan keluarga karena orang-tua meninggal atau cacat tetap.

2. Santunan karena Orang-tua Meninggal

Selain dialokasikan untuk tabungan biaya pendidikan, asuransi pendidikan menyalurkan premi untuk dana pertanggungan. Dana pertanggungan ini dapat diterima anak sebagai pewaris bila orang-tua meninggal. Anak bisa memakai dana pertanggungan ini untuk melanjutkan pendidikannya.

3. Investasi Masa Depan Anak

Menyiapkan dana pendidikan harus dilaksanakan tiap orang-tua untuk memberi pendidikan terbaik untuk masa depan anaknya. Asuransi pendidikan akan memperingan persiapan ini. Manfaat investasi dalam asuransi pendidikan tawarkan imbal hasil (dividen) yang bisa dipakai untuk biaya pendidikan anak.

 

Dengan mengetahui jenis dan manfaat asuransi pendidikan setidaknya sekarang anda tidak ragu untukĀ  menyesihkan sedikit uang anda untuk masa depan terbaik anak anda, semoga artikel kali ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top