Friday 24th May 2024
Durbar Marg, Kathmandu

Saat ini produk asuransi kesehatan di Indonesia sudah semakin beragam. Fungsinya pun tidak hanya seputar memberikan perlindungan melainkan juga bisa menjadi alat investasi, lho. Hal ini bisa didasari karena adanya kebutuhan dari masyarakat akan perlindungan asuransi yang tidak hanya mampu membantu meminimalisir risiko kerugian yang dialami, namun juga turut memberikan keuntungan di kemudian hari.

Namun semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli polis asuransi, tentunya juga dibarengi dengan munculnya banyak perusahaan penyedia jasa asuransi di sekitar kita. Hal ini kadang kala bisa menjadi masalah baru lantaran banyaknya calon peserta polis yang terlanjur tertarik akan produk asuransi kesehatan yang murah tanpa memperhatikan detail polisnya secara keseluruhan. Untuk itu, tiap calon peserta asuransi kesehatan sangat wajib memilah-milah mana perusahaan asuransi yang terjamin serta jenis asuransi kesehatan yang betul-betul memberikan manfaat. Agar semakin yakin, yuk cek tips memilih perusahaan asuransi berdasarkan track record-nya

Pilih yang sudah memiliki penghargaan

Secara sederhana, selain perizinan, calon peserta dapat memilih perusahaan asuransi berdasarkan track record-nya dengan cara mengecek daftar penghargaan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Paling tidak daftar penghargaan bisa menjadi tolak ukur akan kinerja sekaligus menjadi validasi akan kepuasan peserta asuransi terhadap produk asuransi yang dijual. Pastikan daftar penghargaan yang kamu lihat merupakan penghargaan terbaru setidaknya 5 tahun terakhir.

Diawasi oleh OJK

Saat ini, pengawasan akan perusahaan asuransi telah dialihkan, dari yang semula diawasi oleh Kementerian Keuangan kemudian beralih ke bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Salah satu fungsi pengawasan yang dilakukan oleh OJK terhadap perusahaan asuransi adalah untuk mencegah munculnya potensi fraud yang mungkin saja akan merugikan nasabah atau peserta asuransi di kemudian waktu. Selain itu, OJK juga berhak memberikan himbauan hingga penertiban terhadap sejumlah perusahaan asuransi yang belum terdaftar bahkan yang belum memiliki izin beroperasi sesuai dengan ketentuan undang-undang. Maka dari itu, pilih perusahaan asuransi yang sudah diawasi oleh OJK karena artinya, perusahaan asuransi tersebut sudah tentu memiliki izin dan terdaftar.

Memiliki lisensi

Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa memilih perusahaan asuransi yang ditawarkan oleh agen asuransi berlisensi. Karena persaingan bisnis saat ini semakin meningkat, bisa jadi agen asuransi yang memberikan penjelasan kepada Anda bukan merupakan agen resmi melainkan broker atau perantara. Untuk menghindari beberapa risiko yang mungkin bisa merugikan di masa mendatang, pastikan Anda berkonsultasi seputar produk asuransi kesehatan yang sesuai melalui agen asuransi resmi yang telah berlisensi, ya.

 

Itu dia beberapa tips dalam memilih perusahaan asuransi yang sesuai. Jangan asal murah, kita wajib sekali dengan teliti memilih perusahaan asuransi yang pastinya dapat memberikan perlindungan dengan maksimal dan bukannya justru merugikan. Agar tidak pusing, kamu bisa langsung memilih produk asuransi kesehatan di Indonesia yang pasti terjamin hanya di FWD Insurance. Produknya yang bervariasi, berkualitas dan dilayani oleh agen berlisensi, memberikan kamu keleluasaan dalam memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top