Kenalan dengan Sisil, Seorang Pekerja Kantoran Sekaligus Sex Educator

  • oleh

– Kawan Puan apakah kamu sudah pernah mendengar pekerjaan sebagai sex educator ? Istilah sex educator memang belum begitu familier ya, tetapi pekerjaan satu ini tak kalah penting lo! Untuk mengetahui lebih jauh tentang sex educator , mari kita berkenalan dengan Sisil, seorang konten kreator yang juga sex educator .

Sisil terjun sebagai konten kreator di tahun 2018 lalu dan sudah banyak mengunggah video video edukasi seputar seks. Padahal, biodata Sisil dan latar belakang pendidikannya tidak ada hubungannya dengan seksologi atau ilmu pengetahuan lain yang linier. Lantas, bagaimana Sisil bisa menjadi seorang sex educator ? Seperti apa profil Sisil dan perjalanan kariernya? Yuk, simak!

Ketika menjadi bintang tamu di Podcast Cerita Parapuan episode 11, Jumat (20/8/2021), Sisil membocorkan secara singkat tentang perjalanan kariernya. Sisil menjelaskan, dahulu dirinya merupakan pekerja kantoran di sebuah perusahaan di Jakarta. Namun, karena suatu hal yang tidak disebutkan, Sisil memutuskan resign dan pindah ke Bali.

"Pada saat itu, tahun 2018, kebetulan aku udah keluar dari corporate yang nine to five . Dan habis itu aku pindah dari Jakarta ke Bali," ujar Sisil. Pemilik channel YouTube Sisilism ini juga menjelaskan, bagaimana awal mula dirinya terjun sebagai seorang konten kreator. Sambil tertawa, Sisil mengatakan kalau munculnya ide membuat konten edukasi seputar seks adalah karena dilanda rasa bosan selama berada di Bali.

"Pas di Bali itu, aku tuh rada bosan, jenuh, haha," kenangnya mengingat peristiwa tiga tahun lalu. Untuk konten mengenai pendidikan seks sendiri, semula Sisil terpikirkan membuatnya lantaran melihat kurangnya edukasi seks di Indonesia. Bahkan, menurutnya, di Indonesia hal hal seputar pendidikan seks kurang diperhatikan karena masih dianggap tabu.

Padahal, bagi Sisil sang sex educator ini, pendidikan seks itu sangat penting bagi remaja agar mereka tidak terjebak ke dalam pergaulan bebas. "Aku mencoba, 'Kok enggak ada ya konten kreator yang ngomongin soal edukasi seks?' Akhirnya karena greget gitu, kenapa enggak buat aja," ungkap Sisil. Sisil juga berkata, "Aku awalnya sendiri, bikin sendiri, edit sendiri, dan ternyata di bulan keempat ada konten aku yang viral."

Konten yang dimaksud Sisil adalah video berjudul 5 THINGS I WISH I KNEW BEFORE I KNOW SEX yang diunggahnya di YouTube. Sejak itu, Sisil pun kerap mengunggah video lain seputar pendidikan seks di YouTube maupun akun Instagram pribadinya. Meski tak punya latar belakang pendidikan seksologi atau sejenisnya, Sisil bersyukur dapat mengedukasi orang lain berkat hobinya membaca.

Ya, Sisil mendapatkan informasi seputar seks dari buku, jurnal, hingga artikel artikel berbahasa Inggris yang dibacanya. Perjalanan Sisil menjadi seorang sex educator tidak selalu mulus. Ia mengaku akun Instagram nya pernah tiba tiba hilang karena terkena suspend. Setelah diusut, ternyata hal itu disebabkan sekelompok netizen yang melaporkan akunnya lantaran menilai konten yang ia unggah terlalu vulgar.

Kejadian itu tidak hanya sekali, sehingga ia sampai beberapa kali membuat akun Instagram baru. Peristiwa yang pernah dialaminya itu akhirnya membuat Sisil lebih berhati hati dalam menyajikan konten edukasi seks. Sekarang, Sisil semakin aktif memberikan informasi dan pengetahuan mengenai topik sensitif tersebut kepada masyarakat.

Sisil juga jadi sering diundang menjadi pembicara maupun bintang tamu di berbagai acara untuk memberikan edukasi seks. Wah perjuangan Sisil ini keren sekali ya, Kawan Puan? Semoga kita semua bisa lebih melek dan sadar akan pentingnya edukasi seks, ya! (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.