Menjelajahi Wisata Sam Poo Kong, Klenteng Terkenal di Kota Semarang

  • oleh

Salah satu klenteng paling terkenal yang terletak di Kota Semarang disebut Klenteng Sam Poo Kong dan telah menjadi tujuan liburan utama daerah tersebut. Lokasinya berada di Desa Bongsari dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Semarang Barat. Daya pikat utama jelas adalah sejarah bangunan itu sendiri.

Orang-orang datang ke wisata Sam Poo Kong untuk menikmati fotografi dan relaksasi karena panoramanya yang bagus dan nuansanya yang cukup menenangkan. Entah bagaimana, penduduk setempat juga menyebut klenteng ini sebagai Gedung Batu karena berada di atas bukit berbatu dan memiliki bentuk yang mirip dengan gua batu raksasa.

 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Klenteng Sam Poo Kong

( Sumber : https://jateng.inews.id/berita/sam-poo-kong )

Begitu sampai di Klenteng Sam Poo Kong, kamu bisa melihat patung raksasa Sam Po Tay Djien yang terletak di depan Klenteng. Dari segi nuansa, klenteng satu ini memang merepresentasikan lingkungan Tionghoa yang didominasi warna merah dan emas, tidak heran jika klenteng ini adalah tempat paling menarik di Semarang.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di klenteng Sam Poo Kong :

1. Wisata Sejarah

Dari segi sejarah, Klenteng Sam Poo Kong pernah dikunjungi oleh Laksamana terkenal China Cheng Ho atau Zheng He. Wisatawan dapat mempelajari lebih lanjut tentang dia baik dari penduduk setempat atau pemandu wisata nanti.

2. Eksplorasi Wisata

Nah, selain belajar sejarah, kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di Klenteng Sam Poo Kong tidak lain adalah eksplorasi. Kamu bisa menjelajahi semua pagoda yang tersedia di wisata. termasuk Sam Poo Tay Djien, Juru Mudi, Dewa Bumi, dan Klenteng Kyai Jangkar.

Seperti namanya, setiap bangunan dimaksudkan untuk menyembah Tuhan yang berbeda seperti namanya.

3. Fotografi

Nah, Klenteng Sam Poo Kong memang cocok untuk menikmati fotografi. Bagaimanapun, semua struktur dan ornamen layak untuk dipotret. Satu hal, kalau kamu mau memotret wisata Sam Poo Kong, semua harus dilakukan saat cuaca bagus.

Jika tidak, maka kamu sulit mendapatkan foto bagus. Rekomendasi lain yang dapat dilakukan wisatawan adalah menyewa pakaian Cina dan berfoto selfie. Pakaian ini bisa didapatkan di loket tiket.

Adapun waktu terbaik untuk datang ke klenteng ini adalah pada malam hari saat nuansanya paling bagus dan jumlah pengunjungnya sedikit. Kamu bisa menikmati suasana dengan lebih santai dan terhindar dari kerepotan karena keramaian.

Cara Menuju ke Klenteng Sam Poo

Bagi yang datang dari pusat kota, cukup menggunakan jasa transportasi yang tersedia dan langsung menuju ke Klenteng Sam Poo Kong. Tujuan pertama kamu adalah menuju ke Kecamatan Semarang Barat.

Selanjutnya, kamu bisa datang ke Desa Bongsari dan melakukan trekking singkat ke pura. Sebagai informasi, seluruh perjalanan memakan waktu sekitar 13 menit karena jaraknya 5,3 km. Bahkan bisa lebih cepat jika wisatawan mengambil jalan Sriwijaya.

Kalau kamu datang dari luar kota, pesan tiket saja di aplikasi Pegipegi. Unduh aplikasinya dan carilah tiket bus hari ini di Pegipegi. Ada banyak pilihan tiket bus untuk menemani perjalananmu ke Semarang!

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kelenteng_Sam_Poo_Kong

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.