Skip to content

Pengertian dan Keuntungan Penggunaan Digital Payment

  • by

Kemajuan di bidang finansial, khususnya dalam sistem payment, pasti akan begitu memudahkan tiap lapisan masyarakat. Sistem payment terkini akan membantu usaha Anda lebih efisien dan efektif sehingga mampu maju lebih pesat.

Makin banyak usaha yang go digital dan menggunakan e-payment sebagai metode payment. Apa arti payment dan keuntungannya untuk usaha? Berikut penjelasannya!

Keuntungan Digital Payment

Saat ini, telah banyak usaha yang masuk ke dalam ekosistem digital. Hal ini membuat banyak transaksi usaha dilakukan dengan cara online dan memerlukan metode payment yang sesuai, yaitu dengan e-payment atau payment digital. Elektronik Payment adalah sistem payment yang memerlukan koneksi internet sebagai perantara.

Jika kita perhatikan, saat ini banyak usaha yang menggunakan metode payment digital atau cashless. Selain sebab transaksi jadi lebih cepat, e-payment juga dapat meningkatkan kenyamanan konsumen saat bertransaksi. Bank Indonesia (BI), mencatat nilai transaksi dengan uang elektronik atau e-money di Indonesia mencapai 24,75 triliun pada Agustus 2021.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa payment digital atau cashless makin diminati. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan metode payment ini untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan konsumen dalam bertransaksi. Yuk ketahui lebih lengkap mengenai e-payment, contoh, dan manfaatnya untuk usaha!

E-payment merupakan sistem payment yang memakai fasilitas internet sebagai perantara. Metode payment ini begitu memudahkan pelaku usaha dan konsumen. Hanya memerlukan internet dan smartphone, maka proses payment dapat dilakukan dengan praktis dan mudah. Tak heran jika saat ini makin banyak toko yang memakai e-payment sebagai metode payment.

Payment Lebih Instan dan Cepat

Dengan memakai e-payment, proses payment bisa jadi lebih instan dan cepat. Anda sebagai pelaku usaha hanya perlu menyediakan QR code dan konsumen hanya perlu memakai smartphone-nya.

Setelah payment berhasil, pelaku usaha juga tak perlu repot menyediakan atau menghitung kembalian sehingga transaksi dengan konsumen lebih cepat dan praktis. Jika di toko online, konsumen dapat melakukan pembelian kapan saja selama perangkat terhubung dengan internet.

Keamanan Lebih Baik

Keamanan membayar memakai e-payment juga terbilang tinggi. Hal ini sebab pihak yang menyediakan jasa payment digital pasti telah membagun sistem yang begitu aman dan selalu dijaga keamanannya. Keamanan ini dapat dirasakan oleh pihak konsumen dan juga pelaku usaha.

Contoh sistem keamanan paling sederhana merupakan pemakaian password saat melakukan transaksi. Selain itu, penyedia jasa layanan e-payment pasti memiliki pakar atau ahli yang bekerja menjaga keamanan informasi payment.

Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Payment elektronik membantu meningkatkan kepuasan konsumen. E-payment memungkinkan konsumen untuk membeli barang dengan cara kredit, paylater, atau membeli barang dengan cara online kapanpun mereka mau.

Selain itu, dengan menyediakan beragam metode payment, pasti memudahkan beragam konsumen (cash dan cashless) dalam melakukan transaksi. Mereka dapat memilih metode payment yang paling nyaman menurut mereka.

Lebih transparan dan minim kontak

Transparansi jadi hal penting dalam menjalankan usaha. Saat Anda memakai payment digital, maka Anda perlu menjaga transparansi dalam bertransaksi. Dengan memakai payment elektronik, Anda tak perlu khawatir mengenai catatan detail payment.

Selain itu, semenjak pandemi, kini orang-orang mulai mengurangi kontak fisik atau bersentuhan dengan orang lain. Oleh sebab itu, payment digital dapat meminimalisir kontak fisik dengan orang lain sehingga Anda dapat terhindar dari virus.

Menghemat Biaya Pemrosesan

Jika Anda ingin menyediakan layanan payment memakai ED (Electronic Data Capture), maka Anda perlu bekerja sama dengan bank untuk menginstall aplikasi tersebut. Untuk hal itu, terdapat biaya yang perlu Anda bayarkan.

Besar biayanya tergantung kebijakan tiap bank. Jika dihitung, biaya pemrosesan ini akan cukup besar. Dengan memanfaatkan e-payment, maka Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *