Friday 24th May 2024
Durbar Marg, Kathmandu

Menjelang Pemilu 2024, situasi politik di Indonesia sudah mulai terasa. Nah, buat kamu yang ingin ikut andil dalam meramaikan euforia tersebut, bisa coba dengan menonton film-film bernuansa politik berikut ini! Film dengan nuansa politik seringkali menggali isu-isu sosial, kebijakan publik, konflik politik, dan intrik dalam konteks politik. Tak hanya film Indonesia, kami juga menghadirkan daftar film luar negeri yang mengandung isi politik. 

Penasaran dengan daftarnya? Berikut beberapa film yang memiliki nuansa politik yang kuat:

  1. Gie (2005). Film ini mengisahkan kisah aktivis dan intelektual Indonesia, Soe Hok Gie, yang berjuang untuk kebebasan berbicara dan hak asasi manusia selama era Orde Baru.
  2. Bumi Manusia (2019). Film ini diadaptasi dari novel klasik Pramoedya Ananta Toer dan menggambarkan kehidupan sosial dan politik di Hindia Belanda pada awal abad ke-20.
  3. Tanda Tanya (2011). Film ini menggambarkan kehidupan seorang jurnalis yang mencoba mengungkap korupsi dalam sistem politik Indonesia.
  4. Kartini (2017). Film ini mengisahkan kehidupan dan perjuangan Raden Ajeng Kartini, seorang tokoh perempuan Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan selama era kolonial.
  5. The Trial of the Chicago 7 (2020). Film ini berdasarkan kisah nyata peradilan terhadap sekelompok aktivis yang didakwa mengganggu Konvensi Partai Demokrat Nasional pada tahun 1968.
  6. In the Loop (2009). Film komedi ini menggambarkan kisah politik dan diplomasi yang rumit dalam konteks hubungan Inggris dan Amerika Serikat sehubungan dengan perang di Timur Tengah.
  7. Selma (2014). Film ini mengisahkan perjuangan Martin Luther King Jr. untuk mencapai hak-hak sipil dan hak pilih bagi warga Afrika-Amerika dengan fokus pada mars ke Selma, Alabama.
  8. The Great Dictator (1940). Film komedi klasik ini yang disutradarai oleh Charlie Chaplin mengolok-olok rezim totaliter dan fasisme.
  9. The Post (2017). Film ini berfokus pada upaya surat kabar The Washington Post untuk mempublikasikan Pentagon Papers, yang mengungkap rahasia pemerintah Amerika Serikat tentang Perang Vietnam.
  10. The Ides of March (2011). Film ini menceritakan perjalanan seorang kampanye politik dalam pemilihan presiden Amerika Serikat, dengan fokus pada ketegangan dan intrik politik di belakang layar.
  11. Lincoln (2012). Film ini menggambarkan perjuangan Presiden Abraham Lincoln untuk melewati Amandemen Ke-13 yang akan mengakhiri perbudakan di Amerika Serikat.
  12. V for Vendetta (2005). Film ini berlatar belakang masa depan dystopian di Inggris yang diperintah oleh rezim totaliter. Film ini menggambarkan perjuangan seorang pemberontak politik yang menggunakan taktik terorisme untuk menggulingkan pemerintah.
  13. Charlie Wilson’s War (2007). Film ini berdasarkan kisah nyata tentang peran anggota Kongres Charlie Wilson (diperankan oleh Tom Hanks) dalam mendukung gerakan perlawanan di Afghanistan selama Perang Dingin.
  14. Syriana (2005). Film ini adalah thriller politik yang kompleks yang membahas isu-isu minyak, korupsi, dan konflik di Timur Tengah.
  15. The Constant Gardener (2005). Film ini mengikuti seorang diplomat Inggris (diperankan oleh Ralph Fiennes) yang mencari kebenaran di balik pembunuhan istrinya dan mengungkap konspirasi farmasi global.

Film-film di atas memiliki beragam sudut pandang politik dan tema yang beragam, sehingga kamu dapat memilih yang sesuai dengan minatmu dalam dunia politik. Khusus untuk film Indonesia yang disebutkan, hampir sebagian besar filmnya mengambil pendekatan tema politik dan sejarah yang benar-benar terjadi di Indonesia. Beberapa film berfokus pada perjuangan tokoh-tokoh sejarah, sementara yang lain berusaha menggambarkan dinamika sosial dan politik di berbagai periode waktu.

Masih butuh film Indonesia lain untuk dieksplorasi? Kamu bisa berkunjung ke https://aclc.kpk.go.id/ dan intip deretan film pendek dari ACFFEST. Tak hanya itu, dalam situs ini juga terdapat banyak sekali informasi seputar antikorupsi dan bagaimana menjaga integritas kita. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top