Skip to content

Tips Pilih Aplikasi POS Android yang Benar dan Tepat

  • by

Untuk memudahkan para pemilik usaha dalam menjalankan usaha mereka, maka saat ini tersedia aplikasi POS android atau sering juga disebut dengan point of sale. Point of sale memang mempunyai banyak sekali kelebihan. Namun ketika Anda hendak mempertimbangkan memilih jenis aplikasi yang benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, maka tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Hal itu dikarenakan memang tidak semua aplikasi POS android cocok dan sesuai bagi semua usaha. Jika disini Anda tidak mempertimbangkan hal itu, maka dikhawatirkan anggaran yang telah Anda keluarkan akan sia-sia. Selain itu juga bisa saja aplikasi tersebut malah menimbulkan kerugian. Oleh karena itulah, berikut akan diberikan tips yang tepat dalam memilih aplikasi POS.

Apa Saja Tips Pilih Aplikasi POS Android?

Pilih Aplikasi POS yang Mempunyai Fitur Sesuai dengan Kebutuhan dan Lengkap

Poin penting di dalam POS ini yaitu Anda perlu untuk mempunyai fitur yang benar-benar lengkap, namun harus disesuaikan dengan jenis usaha yang Anda jalankan. Seperti contohnya jika usaha Anda bergerak di dalam bidang kuliner, maka fitur yang diperlukan seperti contohnya pemesanan online, manajemen stok produk, pengantar pesanan serta layanan untuk payment .

Aplikasi Point Of Sales Harus Simpel untuk diaplikasikan

Di dalam menggunakan aplikasi point of sales, Anda perlu memahami bagaimana cara kerja aplikasi tersebut. Oleh karena itulah, ada baiknya jika di sini Anda memilih aplikasi yang benar-benar simpel untuk digunakan. Hal tersebut juga penting untuk diperhatikan supaya nantinya pelatihan pada pegawai menggunakan aplikasi tersebut bisa dilakukan dengan lebih simpel dan cepat. Salah satu aplikasi yang sangat disarankan bagi Anda yaitu Mokapos.

Pertimbangkan Anggaran

Anggaran untuk melakukan pembelian aplikasi POS memang dirasa tidak terlalu mahal, namun disini Anda perlu menyiapkan dana untuk membeli perlengkapan lainnya, baik itu hardware, aplikasi pendukung integrasi sistem dan juga support. Seperti contohnya dalam aspek aplikasi, Anda perlu menyiapkan anggaran untuk langganan sistem, upgrade dan support.

Selanjutnya untuk hardware sendiri Anda memerlukan dana untuk card rider, printer, barcode, scanner dan lain-lain. Jika di sini skala usaha Anda masih terbilang kecil, maka biaya yang diperlukan memang tidak terlalu besar. Namun jika budget yang Anda punya terbatas, maka Anda bisa menggunakan sistem sewa untuk sedangkan. Sehingga nantinya Anda pun dapat tetap melakukan aktifitas transaksi dengan cepat dan simpel.

Aplikasi yang Bisa Menghasilkan Berbagai Macam Jenis Laporan

Saat Anda melakukan usaha, Anda perlu mengetahui tiap data yang Anda masukan serta hasilkan untuk melakukan keputusan dimasa yang mendatang. Oleh karena itu, Anda perlu memilih sistem POS yang dapat menawarkan Anda tiap jenis laporan yang diperlukan. Laporan tersebut harus dapat diakses di mana saja dengan cepat dan Real Time. Laporan yang diperlukan seperti pendapatan laba rugi, stok barang dan jumlah pelanggan.

Menyediakan Banyak Metode Payment

Tidak semua pelanggan melakukan proses payment  dengan menggunakan uang tunai atau secara cash. Banyak juga dari pelanggan yang ingin melakukan transaksi dengan menggunakan payment  secara non tunai, seperti pemakaian kartu debit ataupun kredit. Anda sebagai seorang pebisnis harus menyediakan layanan tersebut melalui sistem point of sale.

Hal tersebut juga lebih memudahkan pelanggan di dalam melakukan proses payment . Namun perlu diingat, sistem point of sale harus terintegrasi dengan bank terkait.

Itulah ulasan mengenai bagaimana tips mencari aplikasi POS yang benar-benar tepat untuk usaha Anda. Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu Mokapos. Jika Anda tertarik untuk berlangganan Moka POS, apakah nantinya Anda bisa memakai skema bulanan ataupun tahunan.

Untuk langganan per tahun Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 249.000 tiap bulannya untuk tiap outlet. Sedangkan jika Anda mengambil langganan bulanan Anda akan dikenakan tarif senilai Rp 299.000 perbulan untuk masing-masing outlet. Anda bisa segera daftar dan mengunjungi web resmi Moka POS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *